Wednesday 8 December 2010

Crying Designer

Bumi kita sudah semakin tua dan semakin kehilangan pesonanya untuk ditinggali. Bukan karena dia lupa untuk merias dirinya lagi, bukan juga karena dia lengah akan kecantikannya. Dia hanya lelah untuk meregenerasi pesonanya yang selalu dicemari setiap hari oleh anak-anak nya sendiri.

  • Miss Human A: "Girls, ayo kita nge-mall. Demen Sarah Jessica Parker nih."
  •  Miss Human B: "Lho, kan kemaren kamu dah beli parfum si, masih mau beli lagi?"
  •  Miss Human A: "Udah abis bo', parfum itu seperti soulmate buat aku, lupa ya?"
  •  Mother Earth: "Nak, paru-paruku semakin berlubang, parfum yang kau gunakan bisa membunuhku perlahan-lahan. Ozon si kulit ariku lapisannya telah tersobek karena apa yang kau lakukan. Jika ini terus berlanjut, kulitmu pun akan rusak, seperti noda-noda hitam pada kulitku saat ini. Kau tahu si tenang kutub juga akan menangis karena hal itu, dan akibatnya akan memperburuk dirimu Anakku. Dataran tempatmu berteduh, bermain dan juga beraktifitas akan tenggelam. Ingatlah itu nak!!"
        -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------
  • Mother earth: "Ini kuberikan sungai yang mengalir untuk mengimbangi gersangnya hari. Kuhadiahkan dia  untuk kau manfaatkan sebaik-baiknya. Tolong jagalah dia sebagaimana aku menjagamu."
  • Mr. and Mrs Human: "Wah ada tempat pembuangan sampah umum, tak perlu repot-repot membuang sampah saat ini. Di mana sungai mengalir, disitulah sampahku bernaung. Entah di mana sampah itu berujung, yang pasti rumahku bersih darinya dan sangat gampang membuangnya."
  • Mother Earth: "Kenapa kau merusak hadiahku? Sudah lupakah kau kalau dia berharga." (dan ketika dia menangis, maka turunlah banjir sebagai "hadiah" bonus untuk Mr and Mrs Human) --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Mungkin itu sekelumit percakapan yang akan terjadi apabila sang Bumi dapat berbicara dan mengungkapkan isi hatinya pada kita. Banyak sekali hadiah-hadiah indah dari bumi untuk manusia, namun manusia yang beranggapan "Saya sang Khalifah, saya yang dapat memimpin bumi ini." lupa bahwa seorang khalifah pun harus memimpin dirinya  dengan baik. Merawat dan menjaga bumi kita yang semakin tua, bukan membuatnya semakin tua. Berikut ini adalah beberapa khalifah yang ingin menyuarakan ekspresi hatinya tentang bumi kita yang semakin tua ini. Desainer-desainer grafis yang menyumbangkan metode recycling designnya dengan propaganda brain wash graphic machine dari WWF.
Hentikan Perubahan Iklim Sebelum Mereka Mengubah Kita
Banyak film-film garapan Hollywood yang menyinggung tentang manusia-manusia yang bermutasi menjadi mutan, contohnya adalah X-man, Fantastic 4, Hulk, Cat Woman, dan lain-lain. Memang hal tersebut bersifat fiktif sebagai media entertainment semata. Namun apakah hal tersebut tidak mungkin terjadi di dunia nyata? Dengan perubahan ikim dan juga efek radiasi dari nuklir, bisa jadi apa yang tertera pada poster tersebut menjadi kenyataan. Konsep dalam poster ini sangat unik, bagaimana mempengaruhi aspek psikologis manusia yang notabenenya adalah makhluk dengan tingkat aktualisasi diri yang tinggi dengan pencerminan wajah yang menjadi tidak menarik dan proporsional.
Kehidupan Liar Menghilang
Account Singa mengaum sering kita lihat sebelum tanyangan yang disajikan oleh Universal Picture. Dalam poster ini, diibaratkan sang Singa telah punah akibat global warming yang terjadi saat ini. Unik, menarik dan penuh dengan message yang dapat diambil dari poster ini. Memang poster ini terlihat vintage, namun karena account dari gambar ini sudah sangat terkenal sehingga poster ini terkesan hidup.
15 KM dari Hutan Hujan Menghilang setiap 15 Menit
Masalah krusial yang dihadapi hampir di seluruh negara tropis adalah semakin sedikitnya areal hutan karena illegal loging hingga berbagai aktivitas manusia yang merusak hutan. Gambaran poster ini adalah menyoroti akibat yang terjadi selanjutnya apabila areal hutan semakin berkurang, bukan hanya binatang yang kehilangan tempat tinggal, manusia pun akan mengalami nasib yang sama dengan binatang-binatang tersebut karena banyaknya kerusakan lanjutan dari berkurangnya lingkungan hijau di sekitar kita.
Rusaknya Jantung Bumi
Apa yang terjadi jika jantungmu rusak, terkontaminasi benda asing, dan berhenti? Bukankan kehidupan juga akan berhenti pula. Hal ini sebenarnya juga dapat terjadi pada bumi kita. Ketika jantung hijaunya rusak, terkontaminasi tangan-tangan jahil, lalu pada suatu masa dia berhenti untuk berkembang, maka dia akan berhenti. Bukan hanya dia, namun juga kita, seluruh penghuni planet bumi ini. Itu kesan yang saya tangkap dari isi poster tersebut. Semakin berkurangnya areal hijau karena illegal logging dan perbuatan-perbuatan lain yang kurang bertanggungjawab menyebabkan semakin mirisnya kondisi jantung bumi ini. Detaknya semakin berkurang dan melemah. Dengan poster ini mari kita berkaca tentang kondisi bumi yang mencintai kita ini. Belajar bagaimana kita juga mencintai ibu bumi yang telah berbaik hati menganugrahi banyak hadiah pada kita.
Konsumsi yang Tersedia di Bumi pada Masa Depan

Berburu Setiap hari untuk Kepunahan Kita, Bayangkan itu terjadi PADAMU

Global Warming akan Mencairkan Kutub

Korban Terbunuh akibat Air Kotor Lebih Banyak dari Korban Nuklir

Save the Next Generasion

Apabila Kutub Mencair dan Mereka tak Memiliki Tempat Tinggal

Penguinpun Menggelandang


3 comments:

  1. wah bagus. mungkin lebih bagus lagi kalau ditiap posting gambar lebih dijabarkan lebih dalam lagi maknanya, nggak cuman beberapa baris kata aja, bisa jadi lebih menarik.

    ReplyDelete
  2. poster e apik apik!

    ReplyDelete
  3. makasih mbak Widi dan mas Tom2, nanti sya review lgi..
    tadi pas usil aj makax nulisx dikit
    hahahaha

    ReplyDelete