Thursday 7 October 2010

Plastic in Design

Setelah Prologue tentang sampah plastik, mari kita lihat apa yang bisa dilakukan untuk me-recycle benda ini. Plastik termasuk salah satu material yang lentur dan mudah untuk dimainkan desainnya. Tanpa perlu treatment yang khusus, kita bisa mulai mendesain berbagai macam barang dari material yang satu ini. Dalam skala yang lebih besar, beberapa desainer contohnya Philippe Starck menggunakan material plastik sebagai bahan baku desainnya. Bedanya, Phillipe Starck membutuhkan mesin-mesin yang canggih untuk bending bentuk desain furnitur yang dia buat. Butuh banyak kalkulasi, uang dan juga ketelitian dalam hal ini. tak perlu menjadi Phillipe Starck untuk menciptakan karya desain kita dari bahan baku plastik. Cara-cara yang mudah namun tetap dapat menghasilkan desain yang unik bisa kita buat dari material ini. Temukan berbagai macam kejutan menarik tentang desain olahan plastik!

1. My toy is not yours!!
Waktu tidak bisa kembali, maka mari kita lakukan kegiatan produktif untuk menjadikan waktu kita berkualitas. Salah satu caranya dengan mendesain sendiri mainan - mainan unik yang sesuai dengan kepribadian kita. Alternatif ini juga bisa digunakan sebagai ajang aktualisasi diri guys!
My Own Weapon Toys
 Bagi para penggemar weapon, boleh dicoba membuat senjata mainan sendiri dengan plastik-plastik bekas disekitar kita. Bentuknya yang unik dan menarik juga bisa menjadi alternatif pajangan pada rumah tinggal.  
Cute Barking Dog
Siapa yang akan takut jika penjaga rumah kita adalah anjing lucu ini? Dengan hanya bermodalkan kancing, lego dan mainan bekas lainnya, kita bisa menciptakan aneka bentuk menarik guna mempercantik ruangan kita sendiri. Let's we create our privat corner guys!!

2. Fashion Style Sampah
Siapa mengira sampah plastik bisa menjadi alternatif fashion kita? Dengan tangan dingin seorang desainer, berbagai macam clothing dan aksesoris lain tercipta dari material plastik.
check this awesome outfit!!
Madam Teresa
Model cantik ini mengenakan baju dari bahan kantung plastik yang dinamakan Mother Teresa. Baju tersebut dibuat oleh perancang asal Prancis, Frank Sorbier, sebagai bagian dari koleksi musim gugur dan dingin 2008/2009. Gaun Mother Teresa dipresentasikan di Cirque d’Hiver di Paris,2 Juli, 2008.


Unique Plastic Hat

Cheri E. Woodman, berusia 58 tahun, membuat beragam kerajinan dari plastik. Tidak hanya membuat tas tangan, ia juga mengubah sampah plastik menjadi topi, syal dan sandal.Topi berbahan plastik ini bisa dikenakan ketika kita sedang travelling ke daerah panas, ke pantai ataupun off road Indonesian Zone lainnya.

Fancy Plastic Bag
Tas yang terbuat dari kantung plastik ini memiliki bagian yang cukup lengkap. Di dalamnya terdapat lapisan dalam dan satu kantong di bagian samping. Tas dipercantik dengan hiasan bros klasik. Tas ini cocok digunakan untuk pergi ke pantai dan tidak akan menjadi masalah jika Anda membawa baju basah. 

Stunning Boots Design

Sepatu boots warna-warni ini terlihat sangat unik. Dengan warna ceria dan bahan dari plastik, Anda bisa bergaya tanpa perlu khawatir sepatu akan rusak jika turun hujan.  Desainnya yang unik dengan warna-warna yang menarik  sangat cocok dengan para fashionista penggemar boot.


Comfortable Sandal
Walaupun desainnya masih sederhana dan kurang terancang. Pengaplikasian material plastik sebagai bahan baku sandal perlu diacungi jempol. Yang perlu di cermati adalah dari segi antropometri kaki manusia dan juga fleksibilitas yang ditawarkan dari sandal plastik ini. Bentuk, warna, dan juga model perlu didesain ulang agar menciptakan sepatu sandal yang nyaman dan menarik.
From Plastic GO to Bag
Go Green with this colorful plastic bag! Tidak usah lagi menggunakan tas kresek ketika Anda sedang berbelanja, karena dengan tas ini Anda dapat menyimpan belanjaan Anda dengan aman. Tas belanja ini telah didesain lebih menarik dan berwarna. Jika Anda orang yang kreatif, mari membuat tas belanja Anda sendiri. DIY (Do it Your Self) stuff sedang menjadi tren untuk saat ini.

Weird Plastic Mannequine
Melihat baju zirah ini, tercetus nama Skeleton Armor di otak saya. Desain yang detail dan terstruktur rapat membuat baju ini terlihat seperti kerangka tubuh manusia. Diperlukan perhitungan dan ketelitian dalam merangkai baju ini. Berbagai macam ikatan dan juga bentuk harus diperhatikan pada tiap bagian detailing baju.

3.Good Goods
Kap Lampu Pangkal Air Mineral

Berbagai Ragam Olahan Botol Air Mineral

Dompet Unik Pangkal Botol Air Mineral

Lampu Duduk dari Bahan Bekas Botol

Botol Air Mineral yang dibakar

Kreasi Kap Lampu Bekas Botol Air Mineral

Kopor Bekas sebagai Penyimpan Barang

Mainan-mainan Bekas sebagai Kap Lampu

Kaset Rusak sebagai Purse Unik


Pasti tidak ada yang menyangka bahwa sampah plastik dengan segala kerugiannya dapat menjadi alternatif material fabrikasi maupun non fabrikasi. Material ini dapat digunakan hampir disegala jenis bidang usaha. Hidup pada era global warming memang diperlukan kepekaan terhadap alam sekitar dan juga lingkungan kita sehari-hari. Apa yang menjadi sampah ternyata juga bisa menjadi alternatif material menjanjikan. Barang-barang di atas adalah contoh beberapa karya dari desainer yang telah peduli untuk menciptakan green design dengan memanfaatkan material plastik sebagai bahan bakunya. They are rock!!

1 comment: